3 Hewan Dengan Kemampuan Luar Biasa

Pada hakikatnya semua penciptaan makhluk hidup oleh Tuhan merupakan anugerah yang luar biasa, sebagai manusia tentu kita yakin dan percaya bahwa kita adalah merupakan makhluk ciptaan-Nya yang penuh dengan kesempurnaan, namun di sisi lain, saat Tuhan menciptakan makhluk selain manusia misalnya saja hewan, maka sesungguhnya terdapat keistimewaan  tersendiri yang justru tidak bisa dimiliki oleh manusia.

Semua hal tersebut adalah sebagai bukti dan tanda akan kebesaran-Nya.Faktanya memang ada beberapa hewan yang memiliki keahlian khusus yang keahlian tersebut tidaklah selalu dimilik oleh manusia.

Berikut adalah beberapa hewan  yang memiliki keahlian khusus yang tidak dimiliki oleh manusia.

1. KUCING 

Dari sekian banyak binatang peliharaan, mungkin kucing merupakan salah satu binatang yang paling banyak dipelihara, pasalnya hampir semua orang di dunia ini menyukai hewan yang satu ini, bentuknya yang lucu dan tingkahnya yang bikin gemas walaupun terkadang menjengkelkan membuat kucing menjadi salah satu peliharaan terpavorit.



Lalu apa kemampuan khusus yang dimiliki kucing?

Kucing ternyata mampu mendeteksi berbagai macam penyakit yang ada ditubuh manusia khususnya sang pemiliknya. Biasanya kucing akan selalu mendekat dan menunjukan kasih sayangnya secara tiba - tiba pada seseorang yang di dalam tubuhnya terdapat sebuah penyakit.

Melalui indera penciumannya, sang kucing akan lebih banyak mengumpulkan informasi berupa perubahan suasana dan perilaku sang tuannya. Bahkan kucing mampu mendeteksi penyakit pada hewan lain.

2. GAJAH 

Hewan besar yang ang memiliki telinga super besar ini ternyata memiliki indera pendengaran yang sangat luar biasa. Gajah mampu mendeteksi badai Hujan yang akan datang dengan jarak 241 KM  (Amazing)....


Gajah dapat mendengar suatu suara berfrekuensi dibawah rentang pendengaran yang bisa didengar manusia dan gajah menggunakan kemampuan ini sebagai salah satu cara mereka berkomunikasi.

 3. ULAR

Sudah bukan menjadi rahasia umum jika ular adalah salah satu hewan berbisa yang ditakuti banyak manusia, dengan melihatnya saja orang – orang bisa berteriak histeris dan lari dengan cepat.

Namun ternyata ular adalah hewan yang sangat hebat dalam kemampuannya menemukan dan menangkap mangsanya.

Dengan  lubang yang terletak di kepalanya, memungkinkan ular mampu mendeteksi radiasi infra merah yang dipancarkan oleh tubuh mangsanya (berdarah panas) sejauh 1 meter.

Penglihatan infra merah ini bertindak sebagai indera tambahan, indera ini memberikan informasi mengenai mangsanya (posisi, ukuran, dan pergerakan) di dalam kegelapan dan membantu ular agar dapat lebih akurat saat menangkap mangsanya.

Fungsi dari indera tambahan ini kemudian disebut dengan sistem Somatosensorik, yaitu sistem yang tidak menggunakan mata untuk menerima sinyal dari sistem ini.

Ular lebih baik dalam mendeteksi panas dari pada cahaya, dan sistem somatosensorik ular pun juga bertanggung jawab untuk mendeteksi rasa sakit, sentuhan, dan suhu.

Demikian tiga hewan yang memiliki kemampuan luar bisa versi papahkepo. Semoga bermanfaat dan menjadi bahan edukasi buat kita semua, karena pada hakikatnya terdapat kebesaran dan kemuliaan Tuhan pada setiap penciptaan-Nya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »